Satu Bulan Zona Merah, Depok dan Karawang Siaga 1


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan ada lima daerah yang masuk ke dalam zona risiko tinggi penularan COVID-19 atau zona merah. Lima daerah itu yakni Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, dan Kota Bekasi.

Kang Emil -sapaan Ridwan- mengatakan dari lima daerah itu, dua daerah yaitu Depok dan Karawang siaga 1. Sebab kedua daerah itu masuk ke dalam zona merah dalam satu bulan penuh. Ia pun meminta kolaborasi dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya untuk penanganan pandemi di dua wilayah tersebut.

"Yang menjadi catatan kami, kami siaga 1 di dua daerah yaitu Depok dan Karawang. Karena Depok dan Karawang sudah 4 minggu zona merah, terus dalam catatan kami, yang lain naik turun hilang berganti, tapi dari awal Desember sampai awal Januari Depok masih zona merah dan Karawang masih zona merah," ujar Kang Emil usai rapat koordinasi KPEPCD Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (5/1/2021).

"Jadi saya sudah arahkan Polda Metro dan Kodam Jaya untuk membantu memaksimalkan penanganan di Depok, dan Kodam III Siliwangi dan Polda Jabar kita segera menuju ke Karawang, karena keterisian ruang isolasi juga sudah darurat. Di Karawang, keterisiannya 110 persen, ini mungkin rekor terburuk yang pernah kita ada, jadi sehingga harus kita lakukan upaya-upaya luar biasa," katanya menambahkan.

Ia pun menyoroti Kota Tasikmalaya yang juga berada di zona merah. "Kota Tasikmalaya minggu lalu merah, sekarang merah (lagi), Kota Tasikmalaya ini kecil tapi sering zona merah, ini perlu diteliti, karena Kota Tasikmalaya perlintasan wisatawan juga," ujarnya.

Libur panjang yang terjadi pada akhir tahun kemarin, katanya, membuat kasus COVID-19 di Jabar terus meningkat. Walau demikian efek dari liburan tak berdampak setinggi liburan pada Oktober 2020 lalu.

"Memang masih berdampak tapi tidak setinggi libur-libur panjang sebelumnya, tingkat kesembuhan terus naik di angka 85%, sementara nasional ada di 82%, kematian juga turun di 1,3% sedangkan nasional di 3%. Yang kita waspadai adalah kapasitas perawatan yang terus kita upayakan dan alhamdulillah gedung-gedung negara TNI Polri yang dipersiapkan untuk merawt sudah berfungsi," ujarnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5321580/satu-bulan-zona-merah-depok-dan-karawang-siaga-1?

Comments